Kamis, 30 Januari 2014

Perangkat Masukan (Input Device)

Lanjut posting mengenai Perangkat Keras Komputer kali ini saya akan menjelaskan mengenai Perangkat Masukan atau Input Device . Perangkat masukan sendiri berfungsi untuk memberikan perintah atau masukan data tertentu kedalam sistem komputer agar dapat bekerja sesuai keinginan si pemakai. Ada pun perangkat masukan terdiri dari:

1. Keyboard
Gambar
Keyboard adalah seperangkat tombol-tombol yang
berfungsi sebagai media masukan bagi komputer. Masing-masing tombol keyboard mempunyai fungs-fungsi tertentu.
Tombol keyboard secara umum dibedakan menjadi 4 bagian, yaitu:
  • Papan kunci pengetikan (Type Writer Key)
Merupakan tombol utama dalam input baik untuk pengetikan dan perintah, terdiri atas alfabet dan tombol lainnya yaitu Backspace, Enter, Tab, Home, End, Insert, Del, Page Up, Page Down

  • Tombol fungsi (Fungction Keys)
Tombol ini terdiri dari F1 sampai dengan F12, sedangkan fungsi masing-masing tombol berbeda, tergantung dari program komputer yang dijalankan.

  • Tombol angka (Numberic Keys)
Bila tombol num lock dihidupkan, maka berfungsi untuk mengetikan angka, sedangkan apabila mati berfungsi sebagai tombol arrow key.

  • Tombol Spesial (Special Keys)
Mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya.
Terdiri atas tombol: Shift, Capslock, Ctrl, Alt, Tombol Anak Panah  (Kanan,Kiri,Atas,Bawah) dll.
2. MOUSE
Gambar
Mouse merupakan alat bantu yang digunakan sebagai petunjuk (pointing device) pada softwere-softwere berbaris sistem operasi Windows. Piranti ini mempunyai bentuk menyerupai tikus , maka itulah dinamakan mouse. Beberapa model mouse mempunyai bentuk yang berbeda. Model mouse yang paling banyak digunakan saat ini adalah Optical Mouse. Mouse tersebut telah mengunakan sensoroptik untuk merespon gerakan mouse. Pemakaian mouse merupakan bagian penting dari sistem operasi yang menggunakan tampilan grafik. Pada saat bekerja , mouse sering dipergunakan dengan istilah pointer (petunjuk) berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan penunjuk mouse pada desktop (ruang kerja) sistem operasi .
Jenis mouse berdasarkan konektornya antara lain:
  • mouse serial, mouse dengan konektor serial (RS 232 C)
  • mouse PS/2, mouse dengan konektor PS/2
  • mouse USB (Universal Serial Bus), mouse dengan konektor USB
  • mouse wireless atau mouse tanpa kabel
Istilah-istilah dalam menggunakan mouse:
  • Klik : berarti melahkukan klik pada button kiri (telunjuk)
  • Klik kanan : berarti melahkukan klik kanan menggunakan jari tengah
  • Scroll : digunakan untuk mengukung layar ke atas dan ke bawah. Biasanya bisa juga menggunakan tombol PageUp dan PageDown
  • Double Klik : berarti melahkukan klik dua kali secara berturut-turut pada button kiri (tanpa mengubah posisi mouse)
  • Triple Klik : berarti melahk4kan kilik tiga kali secara berturut-turut pada button kiri (untuk memblok naskah pada pengetikan satu paragraph)
  • Drag and Drop : berarti menekan tombol kiri mouse dengan diakses dan digeser.
3. Scanner (pemindai)
Gambar
Scanner merupakan salah satu input device yang secara prinsip mempunyai cara kerja seperti halnya foto copy. Hanya hasilnya berbeda, scanner dapat disimpan dimemory komputer sedangkan foto copy hasil pembacaannya akan dicetak diatas selembar kertas. Scanner menggunakan teknik digital untuk memasukan image dokumen yang akan diproses dengan mengunakan elektronik. Beberapa scanner juga dapat digunakan untuk membaca beberapa bentuk huruf. Sebuah scanner dapat membaca hingga 250 halaman dalam satu jam. Scanner juga memberikan kesempatan kepada pemakai untuk membuat gambar secara keseluruhan atau pun hanya sebagian, kemudian dengan menggunakan fasilitas softwere, pemakai juga dapat merubah, mengurangi, menambah, ataupun menggabung beberapa gambar.
4. Webcam (Web and Camera)
Gambar
Kamera web atau kamera ramat raya (webcam) adalah sebutan bagi kamera waktu-nyata (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa dilihat melalui Waring Wera Wanua, program pengolah pesan cepat atau aplikasi pemanggilan video. Istilah kamera ramatraya merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata ramatraya kadang-kadang diganti  dengan kata lain yang memberikan pemandangan yang ditampilkan dikamera, misalnya streetcam yang memperlihatkan pemandangan jalan. ada juga metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan pedesaan, trafficam yang digunakan untuk memantau keadaan jalan raya , cuaca dengan weather cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan volcanocam .kamera ramatraya adalah sebuah kamera video berguna (digital) kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) colokan USB ataupun colokan com.
5. Gamepad
Gambar
Gamepad, dikenal juga dengan joypad atau control pad adalah tipe kontroler permainan video yang mengutamakan penggunaan jari, khususnya ibu jari , untuk menjalankannya. Gamepad umumnya memiliki tombol aksi di sebelah kanan dan pengontrol arah di sebelah kiri. Awalnya pengontrol arah terbatas pada empat arah (d-pad), namun gamepad modern umumnya memiliki tuas analog sebagai pendukung atau penggantinya.
6. Joystik (tuas kendali)
Gambar
Tuas control atau tongkat ria atau tuas kendali (bahasa inggri ; joystick) adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi kekomputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol. tuas kendali telh menjadi alat control utama pada kokpit pesawat terbang, termasuk pesawat jet dan pesawat militer,baik sebagai tuas utama ataupun tuas di sisi-sisinya. Tuas kendali juga digunakan untuk mengontrol mesin seperti mesin Derek, truk, kursi roda, kamera pengawas dan mesin pemotong rumput. Miniature dari tuas kendali finger-operated telah diadopsi sebagai alat input untuk peralatan elektronik kecil seperti telepon seluler ( ponsel).
7. Trackball
Gambar
Trackball bisa dibilang mirip dengan mouse, tapi berbeda dengan mouse, trackball dibuat dengan sensor berupa bola yang dapat kita putar. Artinya, secara keseluruhan perangkat tersebut tidak perlu kita gerakkan, hanya sensor berupa bola saja yang kita gerakkan untuk memberikan suatu instruksi .
8. Microphone
Gambar
Microphone adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk menerima masukan berupa suara .
Demikian penjelasan mengenai Perangkat Masukan Input Device). Semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Unknown // 19.06
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

free web site traffic and promotion
 

Popular Posts

Amikom

Get this widget:
Ikhsan. Diberdayakan oleh Blogger.